Wednesday, October 9, 2013

Tenggelam dalam Informasi

Saat ini kita hidup di suatu era di mana gampang sekali mendapatkan aneka informasi.

Mau tau sesuatu? Tinggal tanya mbah Google, maka akan ada banyak sekali link menuju informasi yang ingin diketahui.

Tapi apakah memang semudah itu untuk mendapatkan informasi?

Menurut gw, justru saat ini lebih susah untuk mendapatkan informasi yang reliable.
Mengapa?
Soalnya banyak sekali orang-orang yang mencoba menganalisa/mereview sesuatu dari sisi orang awam. Susahnya, review dari sisi orang awam seringkali menghasilkan review yang subjektif, tidak lagi objektif.

Sebagai konsumen, gw sih bingung karena ada banyak sekali macam barang yang tersedia. Dari yang super murah sampai dengan super mahal, semua ada.
Dari yang kualitasnya entah kenapa bisa lolos seleksi sampai yang sudah super canggih sampai sudah bingung gimana cara makenya.

Tanya sana sini, mencari informasi, makin bingung karena kok banyak sekali pendapat.

Sebagai orang yang (ngakunya) kerja sebagai engineer, gw tau kok pentingnya memahami konsep dasar dalam proses dan sistem, tapi untuk aplikasi sehari-hari, terlalu banyak teori itu malah akan membuat mumet.

Jadi gampangnya, biasanya gw memfilter informasi seperti ini:

  • sumber teori -> artikel ilmiah akan lebih valid ketimbang review
  • siapa yang menulis artikel/review beserta karakter penulis: orang yang sotoy, hobi nakut-nakutin -> coret!
selebihnya... mari biarkan logika dan insting yang bekerja dan semoga gw ga kelelep duluan, hihihi...

No comments: