Thursday, August 13, 2015

My Kitchen Story part 1: Pisau

Sejak punya anak yang mesti makan, terpaksa yang namanya gw atau bapaknya neng O mesti rajin-rajin turun ke dapur untuk masak.
Semakin sering masak, entah mengapa itu membuat gw jadi sadar kenapa dulu Mama itu demen banget beli aneka peralatan masak.
Soalnya sedikit banyak, peralatan masak yang bagus itu membuat memasak itu jadi lebih ringan.

Benda pertama yang waktu itu gw incar pas udah mulai sering masak adalah....

PISAU

Ah?Pisau? Emangnya ga punya pisau? Punya sih, tapi gimana juga, si pisau ini ternyata emang ada harga ada rupa. Percayalah, ketika misalnya dalam kondisi bangun kesiangan dan terpaksa harus mengolah daging beku yang baru dikeluarkan dari freezer, kalau pakai pisau yang ga tajam, yang ada frustasi motongnya. (Jangan ditiru ye, gw tau perubahan suhu makanan yang terlalu drastis itu ga bagus, tapi kadang gw lupa nurunin daging dari freezer ke chiller).
Gw punya beberapa pisau, tapi pisau yang gw dah punya bertahun-tahun dan masih tajam banget itu paring knife nya Victorinox.
Jadi pas gw lagi mikir mo beli Chef's knife atau Santoku knife, tentunya akhirnya yang gw lirik si Victorinox ini.
Secara yang lagi promo warna yang genjreng-genjreng neon, jadi Chef's Knife dan Santoku Knife punyaku warnanya kuning dan orange neon, hihihi... Tadinya sih setengah hati mo beli pisau dengan gagang warna-warni begini, secara keliatan banget kagak 1 set. Tapi setelah membaca aneka review, daripada gw beli 1 set terus ada yang ga kepake, lebih baik membeli pisau yang emang jelas-jelas kepake saja. Jadi sekarang pisau Victorinox gw ada 4 dan semua warnanya beda, hahahaha...
*mestinya ada 6, tapi gw kehilangan 2 pisau Victorinox pas lagi renovasi rumah, hiks hiks...

Setelah membeli pisau, tentunya benda incaran berikutnya adalah knife block.
Kenapa perlu knife block? Soalnya gw ga pede kalau make gantungan pisau model magnet. Kesannya gore banget kalau majang pisau gede-gede di tembok dapur.
Sementara katanya sih, salah satu cara menjaga keawetan pisau itu adalah memiliki tempat penyimpanan pisau yang baik, tidak saling berbenturan baik antar pisau ataupun dengan peralatan masak/makan yang lain.
Masalahnya adalah.... mencari knife block universal itu tidak segampang judulnya yang "universal".
Hasil dari muter-muter beberapa toko offline maupun sekian toko online, gw hanya nemu knife block universal produknya IKEA.
RETRÄTT
Tampaknya kalau memang gw ga bisa nemu produk lain, maka gw akan membeli knife block ini.

Kayaknya sih untuk soal pisau, cukup ini dulu. Gw masih berdilemma, apakah gw perlu membeli pengasah pisau atau tidak. Soalnya pengasah pisau jika dipergunakan secara kurang tepat malah bisa bikin pisau kurang tajam. Saran lain mengatakan, lebih baik pisau dibawa ke pengasah pisau profesional (di mana pula di Jakarta ada profesi pengasah pisau untuk koki rumahan? Hahahaha)...

No comments: