Monday, August 12, 2013

Balada (Susah) Makan

Makan apa ya?
Itu pertanyaan yang kayaknya sering banget ada di pikiran gw saat ini.

Pertanyaan simpel sih, tapi rasanya ribet bener menjawabnya.
Udah pada dasarnya gw punya bakat hipersensitivitas ke sekian makanan (juga beberapa obat-obatan), ditambah juga ada pantangan tertentu berkaitan tingkat hormon gw, sekarang ditambah pula lagi hamil.

Gw ga perlu menyebutkan list makanan yang ga boleh gw makan, daripada membuat prihatin yang membacanya saking panjang listnya.
Gw cukup mensyukuri kenyataan bahwa gw masih boleh mengkonsumsi susu, telur dan kacang (tentunya bersama aneka turunannya).
Kalau ketiga bahan itu juga ga bisa gw makan, bah, ribet bener... Mana gw doyan banget lagi ama susu, yoghurt, dan keju-kejuan.

Kalau ditanya, susah ga sih ga boleh makan ini itu?
Jawabannya mah, susah-susah gampang kali ya.
Selama gw sendiri yang nyari makanan sih ga ada masalah.
Ibaratnya tinggal tutup mata dan terutama hidung.
Godaan mata lebih bisa dihalau ketimbang godaan wangi masakan yang menggiurkan.
Yang jadi masalah itu kalau misal ada undangan makan-makan.
Pilihan masakan terbatas, kadang malah ga ada yang bisa gw makan (hiks).
Masalah berikutnya itu kalau gw sedang travelling.
Gw termasuk orang yang suka nyicipin masakan aneh-aneh (lidah universal, alias gw kagak picky picky soal makanan, dan ini ternyata sudah sedari balita), dengan syarat tentunya makanan tersebut ada dalam kategori safe ingredient buat gw.
Amannya sih, biasanya pas travelling gw selalu nyiapin cadangan antihistamin, buat jaga-jaga kalau ternyata bibir dower atau mata panda atau entah bakalan ada bengkak muncul di mana.

Makanya, ketika ada salah satu temen gw bercerita, ada temannya yang sedang menerapkan diet dengan semangat 45, rasanya gimana ya..
Kalau gw boleh berandai-andai, gw kadang berharap badan gw ga "semanja" ini, yang cuman bisa dikasih supply makanan terbatas. Walaupun emang sih, jadinya opsi makanan yang terbatas ini bisa dibilang cukup sehat.
Tetep aja, makan itu selain merupakan salah satu kebutuhan hidup, juga merupakan salah satu kenikmatan hidup.

Selama kondisi kesehatan memang memungkinkan, rileks lah... nikmati setiap suapan makanan sebelum makan itu dilarang :D

---- penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yang diakibatkan makanan yang Anda makan ----








No comments: