Wednesday, July 31, 2013

Apa sih Bedanya Sotong dan Cumi?

Ini post yang tidak penting sebenarnya.
Cuman sekedar iseng-iseng memenuhi rasa penasaran.

Kemarin saya mendapatkan undangan berbuka bareng bersama rekan-rekan 1 departemen.
Tempatnya di Seroeni, Street Gallery Pondok Indah Mall.
(tenang, saya bukan mau mereview makanan, karena namanya juga ini iseng-iseng, hihihi).

Salah satu menu yang keluar adalah Singapore Crispy Sotong.
Tentunya karena semua menu sudah dipesankan sebelumnya, ketika itu sampai di meja, pertanyaan saya adalah "Apakah itu?"
Teman-teman saya mengatakan "Cumi".
Okay, saya tidak alergi cumi, jadi bolehlah saya mengicip itu sedikit, supaya menu makan malam saya tidak hanya brokoli tumis bawang putih dan tumis buncis.

Satu gigit, kemudian saya bertanya lagi , "Ini sotong bukannya?"
Teman saya,"Emang apa bedanya sotong dan cumi?"
Saya, "Kayaknya sih beda, biasanya sotong lebih asin." -> saya mulai bergaya sotoy sembari ga yakin..

Ketika ada buku menu, saya mencoba mengintip sebenarnya apa yang saya icip itu. Ternyata di buku menu tertulis Singapore Crispy Sotong. Di list menu juga ada beberapa menu cumi. Saya berkesimpulan Sotong dan Cumi tampaknya dua makhluk yang berbeda. Paling tidak secara jenis olahan pangan, namanya berbeda.

Jadi karena penasaran, pagi ini saya mengoogling dong apa bedanya Sotong dan Cumi.
Secara saya ga tau pasti istilah bahasa inggrisnya sotong, ya sudah saya masukkan "sotong cumi" sebagai keyword.
Muncullah wikipedia bahasa Indonesia.

Sotong:
Sotong atau "ikan" nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau. Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.
Sotong sering kali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena sotong bertubuh pipih, sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Selain itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan pada cumi-cumi lunak.
Cumi-cumi:
Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut.[1] Nama itu Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.[2] Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan.[rujukan?]
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Sotong dan http://id.wikipedia.org/wiki/Cumi-cumi

Jangan tanya saya apa maksud detailnya ya, soalnya saya bukan ahli biologi :p
Tapi ternyata sotong dan cumi memang berbeda dan jangan pula ikuti kesotoyan saya yang mengatakan bedanya ada di rasa asin :))

Oh ya, sotong = cuttlefish, cumi-cumi = squid.

Kalau masih belum puas dengan postingan ini, ketika blogwalking saya menemukan ada blogger lain yang telah mengupas perbedaan sotong, cumi-cumi dan gurita secara lebih detail. Monggo dicek terlebih dahulu di link ini kalau masih penasaran.

No comments: